Selasa, 25 Februari 2020 

BPK PERWAKILAN PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR LAKSANAKAN SERAH TERIMA JABATAN KEPALA PERWAKILAN

02/05/2019 – 14:30

Kupang, 2 Mei 2019, BPK Perwakilan Provinsi NTT melaksanakan acara Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan dari Edward Ganda Hasiholan Simanjuntak, S.E., M.Sc (selanjutnya dipromosi dan dipindahtugaskan sebagai Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan di kantor pusat) kepada Ir. Adi Sudibyo M.M. (semula bertugas sebagai Kepala BPK Perwakilan Provinsi Papua), disaksikan oleh Anggota VI BPK RI, Prof. H. Harry Azhar Azis M.A., Ph.D. dan Auditor Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa S.E., M.M. Acara  ini dibuka dengan Tarian Paci dari Kabupaten Manggarai. Hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Ir. Benediktus Polo Maing (sekaligus membacakan sambutan Sambutan Gubernur NTT), Wakil Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Forkompimda Provinsi Nusa Tenggara Timur, serta para Kepala/ Wakil Kepala Daerah, Ketua / Wakil Ketua DPRD, dan Inspektur dari sebagian besar Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, serta beberapa pimpinan instansi vertikal.

Gubernur NTT dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTT mengucapkan selamat menjalankan tugas sebagai Kepala Perwakilan di BPK Perwakilan Provinsi NTT kepada pejabat yang baru dan selamat bertugas di tempat yang baru kepada pejabat yang lama. Gubernur NTT juga menyampaikan keyakinannya bahwa akan ada prestasi-prestasi yang bisa ditorehkan oleh BPK Perwakilan Provinsi NTT jika ditinjau dari komitmen, semangat, dan kerja keras teman-teman di BPK Perwakilan Provinsi NTT.

Selanjutnya, Anggota VI BPK RI dalam sambutannya menghimbau kepada para Kepala Daerah dan segenap jajarannya serta Pimpinan DPRD Provinsi NTT agar keuangan daerah benar-benar dikelola untuk kesejahteraan rakyat. Ukurannya bukan hanya pelaporan keuangan bebas dari salah saji material atau berpredikat WTP, namun pengelolaan keuangan daerah harus mampu mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan pemerataan pendapatan. Sebagaimana dilihat dari indikator kesejahteraan Provinsi NTT dalam tiga tahun terakhir (2016-2018) tidak selalu membaik. Sebagai contoh, Gini Ratio Provinsi NTT stagnan tiap tahunnya yakni 0.36, sementara persentase penduduk miskin selalu mengalami penurunan yakni 22.19% di tahun 2016, 21.85% di 2017 dan 21.35% di 2018, sedangkan tingkat pengangguran fluktuatif, dari 3.25% di tahun 2016, 3,27% di 2017 dan 3.01% di 2018.

Beliau juga terus mengingatkan kepada seluruh pegawai BPK, baik struktural maupun fungsional untuk selalu menjunjung tinggi prinsip independensi, integritas dan profesionalisme. Jangan pernah lupa untuk mengawal harta negara dengan baik dan bertanggung jawab.

Acara serah terima jabatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan foto bersama.

HUMAS BPK PERWAKILAN PROVINSI NTT

 

Siaran Pers Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTT