Senin, 23 Oktober 2017 

Kabupaten Sumba Barat

sumbabarat

Letak Geografis terletak pada 9o11’–10o20’ LS dan 118o55’– 120o23’ BT; Luas wilayah 4.051,96 Km2; Batas Wilayah Utara berbatasan dengan Selat Sumba, Timur berbatasan dengan Sumba Timur, Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia, dan arah Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia Jumlah penduduk 419.308 orang (NTT dalam angka Tahun 2007); Wilayah Administrasi terdiri dari 4 kecamatan, dan 32 desa dan 5 kelurahan; Prasarana Transportasi terdapat Bandara Tambolaka (Standar Bandara Kelas III), untuk transportasi laut terdapat Pelabuhan Laut Waikelo.

Pemerintah Kabupaten Sumba Barat beribukota di Waikabubak, dipimpin oleh Bupati Jubilate Pieter Pandango, S.Pd., B.Sc. Mempunyai sebuah Perusahaan Daerah Air Minum yaitu PDAM Sumba Barat, sebuah Perusahaan Daerah lainnya yaitu PD. Sumber Dharma, dan sebuah Rumah Sakit yaitu RSUD Waikabubak.

Potensi Wisata Upacara Pasola. Pasola adalah salah satu khazanah kebudayaan lokal masyarakat Sumba, Nusa Tenggara Timur, yang menganut kepercayaan Marapu. Pasola atau istilah lainnya berperang di atas kuda dan saling melempar lembing ke arah lawan di sebuah lapangan. Pertarungan yang risikonya nyawa itu dilakukan dalam rangka memohon berkah dalam menghadapi musim tanam. Dalam perang pasola, semakin banyak orang yang terluka, tanah pertanian dipercaya akan semakin subur dan panen akan membuahkan hasil yang memuaskan. Berakhirnya pasola ditentukan tetua adat atau rato, tapi seiring dengan perubahan zaman, perang pasola hanya berlangsung sekitar 2-3 jam. Biasanya, upacara adat yang tergolong atraksi memikat itu dilaksanakan antara Februari dan Maret.

Jl. Basuki Rahmat No.12, Waikabubak
Telp (0387)21165,
Fax. (0387)21093
Website:sumbabaratkab.go.id