Senin, 23 Oktober 2017 

Kabupaten Alor

alor

Letak Geografis terletak pada 123,48o – 125’’8’ BT dan 8”6’-8”36’ LS; Luas wilayah daratan 2.864,64Km2, luas perairan 10.773,62 Km2, panjang garis pantai 287,10 Km; Kabupaten Alor merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 20 pulau, 9 diantaranya berpenghuni yaitu P. Alor, Bantar, Pura, Tereweng, Ternate, Kepa, Buaya, Kangge dan Kura;  Batas Wilayah  Utara berbatasan dengan Laut Flores, Timur berbatasan dengan wilayah Kepulauan Maluku Tenggara Barat, Barat berbatasan dengan Selat Lomblen Kabupaten Lembata, dan Selatan berbatasan dengan Selat Ombay dan Negara Timor Leste; Jumlah penduduk 178.964 orang (NTT dalam angka Tahun 2007); Wilayah Adminitrasi terdiri dari 17 kecamatan, 158 desa dan 17 kelurahan; Prasarana Transportasi  Terdapat Bandara Perintis Mali (dapat digunakan untuk mendarat pesawat jenis CASA), dan  Dermaga/Pelabuhan Laut untuk Fery milik ASDP dan dermaga umum yang digunakan untuk pelayaran rakyat antar pulau.

Pemerintah Kabupaten Alor beribukota di Kalabahi, dipimpin oleh Bupati Drs. Simeon Th. Pally dan Wakil bupatinya H. Jusran M. Tahir. Perusahaan daerah yang dikelola antara lain PDAM Alordan RSUD Kalabahi

Potensi Wisata Taman laut Selat Pantar terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selat  Pantar merupakan laut yang memisahkan antara Pulau Alor dan Pulau Pantar. Wisata  bahari Taman Laut Selat Pantar mempunyai panorama bawah laut yang menakjubkan  sehingga menjadi primadona dan pemikat bagi para diver dari seluruh dunia. Keindahan  taman laut Selat Pantar melingkupi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong,  Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura.

Tercatat,  ada 26 titik selam (diving spot) yang  memesona wisatawan. Titik selam Shark Close merupakan titik selam yang terakhir ini sangat menarik karena merupakan tempat kumpulan ikan hiu yang sangat  bersahabat dengan para diver. Di  taman laut ini pula dapat ditemui lumba-lumba abu-abu yang merupakan spesies  langka.

Jl. Eltari No. 10, Kalabahi
Telp (0386)21451-21121
Website: alorkab.go.id